Beranda | Artikel
Penyakit Riya - Bagian ke-1 - Kitab Bahrur Raiq (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)
Minggu, 19 April 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Mahfudz Umri

Ceramah agama oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama: Penyakit Riya’ (Bagian ke-1)

Penyakit riya merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa merusak amal-amal ibadah kita, membuat kita menyesal di hadapan Allah, menjadikan kita orang-orang yang tertipu. Kita merasa sudah melakukan amal yang terbaik, namun di hadapan Allah kita tidak mendapatkan sesuatu apa pun. Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالاً، الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعاً

“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS Al-Kahfi [18]: 103-104)

Di antara penyebab hangus dan sia-sianya amalan kita adalah riya’. Dalil-dali dari Al-Qur’an maupun hadits banyak sekali yang menunjukan bahwa riya’ merupakan perbuatan yang haram. Dan para pelakunya juga tercela.

Allah Ta’ala mencela orang-orang yang berbuat riya’, firmanNya:

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya.” (QS Al-Ma’un [107]: 4-6)

Dengarkan dan Download Kajian “Bahrur Raa-iq”: Penyakit Riya’ (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut serta dalam menyebarkan link download kajian ini ke Google+, Facebook, dan Twitter. Barakallahu fikum.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13075-penyakit-riya-bagian-ke-1-kitab-bahrur-raiq-ustadz-mahfudz-umri-lc/